Memang aku yang ingin pergi

Hanya dengan mendengar katanya saja, aku langsung tahu harus menggoreskan apa di kertas tulisku hari ini. Tidak terasa, sudah hampir setahun aku pergi. Tapi, tidak satu momen pun terlupakan karena kepergianku menghasilkan pelajaran yang amat berharga dalam hidupku. Pergi memang sebuah pilihan, namun bukan berarti kepergian dapat melupakan segala-galanya. Aku percaya itu.

Dimulai sejak tahun 2017, aku memutuskan untuk memulai hubunganku dengan seseorang yang kukenal dari kelompok KKN. Kalau kamu ingat, aku pernah menuliskannya di postingan tentang KKN, walaupun singkat. Selama itu kami menjalani hubungan dengan basis perasaan yang saling terbalaskan, tanpa memedulikan status. Tapi, barulah setelah meninggalkannya, aku sadar bahwa itu sudah merupakan hal yang salah sedari awal.

Awal tahun 2021, dia sudah mulai aneh. Banyak hal-hal yang sebelumnya tidak pernah aku lihat di dirinya, tiba-tiba muncul dengan sendirinya. Tidak wajar apabila aku tidak bertanya kepada diri sendiri, “selama ini lo kenalnya siapa, La?”. Aneh sekali rasanya. Ketika pasangan kalian melakukan hal yang tidak pernah kalian ekspektasikan, kalian setidaknya berpikiran, “ternyata gue nggak kenal dia seutuhnya”.

Padahal, setelah aku merenung hebat meratapi hubungan empat tahunku itu, aku menyadari bahwa, “bukan gue yang nggak kenal dia. Tapi emang itu diri dia yang sebenarnya. Entah baru diperlihatkan, atau gue yang selama ini nggak liat”.

Karena itulah, aku memutuskan untuk pergi. Tingkah laku manipulatif serta rasa insekuritas diri sendiri yang diproyeksikan ke orang lain adalah salah satu ciri orang yang kubenci. Tidak bisakah seorang itu bersikap lebih bertanggung jawab dengan mengutarakan segala-galanya tanpa ada yang harus dibentengi?

Sayangnya, masih banyak di dunia ini yang memilih untuk membentengi dirinya. Pelajaran berhargaku dimulai dari sini, untuk tidak bertemu lagi dengan manusia spesies ini. Untuk tidak bertahan pada keadaan nyaman di saat semuanya bersifat semu.

Pertanyaannya adalah, kalau aku tidak memutuskan untuk pergi dari orang itu dan dari hubungan yang tidak jelas tapi secara beruntung bisa bertahan itu, aku ini waras atau tidak?

 


#CeritadiFebruariKe13

Comments

Popular posts from this blog

Perkenalkan, bencana terseram seumur hidup

Bukti-bukti Itachi dan Sasuke Saling Menyayangi

Kurcaci-kurcaci HI-C